Tanya :

Saya baru belajar buat database dg VB kira-kira buku bacaan yang cocok untuk saya baca sebagai beginner atau yg dasar sekalipun apa yah ?? mohon pencerahan.. ps :saya buta ttg bahasa pemrograman..:) GBU Thanks

Jawab :

Kalau buta tentang pemrograman maka perlu belajar dahulu apa itu pemrograman. Pada intinya pemrograman adalah memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan.Untuk memerintah komputer ini kita menggunakan bahasa pemrograman. Hal ini disebabkan komputer tidak bisa mengerti bahasa manusia. Bahasa pemrograman ada bermacam-macam. Ada yang General Purpose dan ada yang Special Purpose. Bahasa pemrograman yang general purpose digunakan untuk membuat program dengan macam-macam tujuan. Contoh bahasa pemrograman General Purpose adalah: C, C++, Pascal, BASIC, Fortran, COBOL, Modula dll. Kalau bahasa pemrograman Special Purpose biasanya dirancang untuk membuat program dengan tujuan khusus. Jadi kita akan susah jika memakai bahasa tersebut untuk membuat program diluar tujuan khususnya. Tapi jika dipakai untuk membuat aplikasi yang sesuai tujuan khususnya maka bahasa special purpose lebih mudah dipakai dibanding bahasa general purpose.

Kalau tujuan anda cuma membuat aplikasi yang mengolah database maka ada bahasa pemrograman lain yang lebih khusus dibanding VB. Kalau didunia Microsoft maka ada 2 bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mengolah database: MS Access dan MS Visual FoxPro. MS Acces lebih ditujukan untuk aplikasi database yang sebagian besar dibangun dengan bantuan wizard dan sedikit code yang ditulis dalam VB for Application. Sedangkan MS Visual FoxPro dirancang untuk programmer database professional. Kalau VB dirancang untuk membuat aplikasi GUI secara umum di Windows. Kalau prioritas anda adalah GUI yang canggih maka pakai VB tapi kalau yang paling penting adalah pengolahan databasenya maka sebaiknya pakai MS Access atau MS Visual FoxPro.

Karena anda pemula sebaiknya baca dulu bahan bacaan yang diikutsertakan MS dalam dokumentasi Visual Studio 6 (VB 6 adalah bagian dari Visual Studio 6) yaitu artikel dan tulisan dalam MSDN for Visual Studio 6.

Buku tutorial VB 6 dari MS adalah “Programming Microsoft Visual Basic”. Ini buku paling mutakhir mengenai VB 6 dari Microsoft. Sesudah buku ini MS tidak pernah mengeluarkan buku VB 6 lagi tapi VB.NET. Buku ini saya punya e-book nya tapi jarang saya baca. Hanya saja besar buku ini 11 MB jadi saya tidak mau kirim ke anda lewat e-mail. Kalau ingin baca buku ini beli saja dari toko CD. Kalau mau belajar MS Access maka buku yang membahas MS Access secara mendalam adalah “MS Access 2002 Bible”. Lagi-lagi buku ini tidak mau saya kirim ke anda lewat e-mail soalnya besarnya 16 MB. Buku-buku ini memang besar karena pembahasannya menyeluruh. Saya tidak tahu buku MS Visual FoxPro yang bagus soalnya tidak mendalami belajar MS Visual FoxPro.

Saya yakin kalau anda membaca MSDN dan salah satu buku diatas serta praktek maka anda bisa menguasai VB atau Access dan bisa bikin aplikasi sederhana dalam jangka waktu 6-8 bulan. Kenapa begitu lama? Karena anda mulai dari nol. Kalau anda sudah pernah belajar bahasa pemrograman lain apapun maka belajar VB atau Access sebenarnya cukup 2-3 bulan sudah bisa produktif bikin aplikasi.

Sumber: Milist Programmer Kristen
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati